top of page

Ngobrol Online

Updated: Aug 29, 2020

Oleh Jun

Di tengah pandemik virus korona baru, PPI Todai sebagai ikatan pelajar mematuhi aturan yang berlaku dari Pemerintah Tokyo untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan massa dalam satu tempat. Bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru di bulan April lalu, ada 7 mahasiswa Indonesia baru yang seharusnya semua tiba di Jepang. Namun, hanya 2 orang yang dapat tiba di Jepang sebelum aturan dari pemerintah Jepang terkait pencegahan COVID-19 dari negara lain diberlakukan.

PPI Todai tetap menjalan program kerja rutin yaitu Welcoming Maba. Perbedaan dengan tahun biasanya yang diselenggarakan bertepatan dengan hanami (menikmati bunga sakura), welcoming maba tahun ini dilakukan secara daring atau online. Welcoming Maba season Spring ini dikemas bersamaan dengan launching kepengurusan PPI Todai 2020/2021 dengan tema ngobrol online.

Pada tanggal 19 April 2020, acara ini dihadiri oleh semua mahasiswa baru dan beberapa mahasiswa lama. Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada mahasiswa lama, memperkenalkan kepengurusan PPI Todai yang baru, serta sebagai ajang mahasiswa baru untuk bertanya informasi terkait kehidupan di Jepang. Acara ini turut dihadiri oleh Pembina PPI Todai, Prof. Aziz, ketua PPI Todai 2019/2020, Tri Atmaja, dan KBRI Tokyo bidang atase pendidikan dan kebudayaan (atdikbud), ibu Alinda.


Acara dibuka dengan sambutan dari ketua PPI Todai, mas Eman dan dilanjutkan oleh Prof. Aziz yang menyampaikan pentingnya mahasiswa Indonesia untuk saling berkomunikasi dan menjadikan PPI Todai sebagai keluarga di Jepang. Selanjutnya, penjelasan program kerja PPI Todai setahun ke depan oleh pengurus baru PPI Todai. Berbagai tips kehidupan mahasiswa Indonesia di kampus maupun di luar kampus juga turut dijelaskan secara apik oleh beberapa mahasiswa lama. Dalam acara ini juga ibu Alinda berkesempatan menyampaikan pentingnya pelaporan kedatangan bagi mahasiswa Indonesia ke KBRI Tokyo. Pelaporan bisa dilakukan secara online dalam masa pandemik ini.

Acara berlangsung meriah dengan berbagai macam pertanyaan dari mahasiswa baru. Acara ditutup dengan berfoto bersama dari lokasi masing-masing. Tunggu progam kerja PPI Todai selanjutnya!

PPI Todai – Growing & Inspiring –

66 views0 comments
bottom of page